Mengintip Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Tubuh


Buah lontar hampir mirip dengan kolang kaling dan lebih dikenal dengan nama siwalan. Buah lontar yang sudah matang memiliki kulit yang berwarna hitam keunguan. Rasanya yang manis sering digunakan menjadi berbagai olahan makanan seperti dawet, es buah, kue, selain, dll.

Buah lontar mengandung vitamin A, B, C, mineral seng, kalium, zat besi, kalsium, serat, protein dan karbohidrat. Tidak hanya buahnya saja, akar lontar, nira pohon lontar / legen dan bunga lontar / abu mayang pun juga sangat baik bagi kesehatan. Maka dari itu, tak heran jika buah lontar mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini mengintip manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh.

Mengintip Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Tubuh



Sebagai isotonik
Kandungan mineral nira lontar yang tinggi dan mirip dengan cairan tubuh lah yang membuat ia dapat dikatakan sebagai isotonik. Minuman isotonik memiliki kelebihan dibandingkan air putih biasa, yaitu mampu mengantikan cairan tubuh lebih cepat dibandingkan air putih biasa.

Melancarkan pencernaan
Sifat nira lontar yang seperti cairan tubuh (isotonik) sangat membantu melancarkan pencernaan lebih cepat dibandingkan air biasa. Kemudian kandungan fosfor lontar mampu membantu proses pencernaan riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3). Vitamin B1 lontar juga dapat membantu pencernaan karena berperan dalam pengeluaran asam hidroklorat yang penting untuk pencernaan dalam tubuh kita.
Baca Juga: Obat Lambung Bocor
Baik bagi penderita diabetes
Nira lontar baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah pada suatu bahan makanan. Jika selama anda sudah mengenal gula jagung  baik bagi penderita diabetes maka kini juga telah dikembangkan gula dari nira lontar yang rendah indeks glikemiknya sehingga dapat membantu mengontrol gula darah. Selain itu dalam sebuah jurnal 2013 “Pakistan Journal Pharmaceutical Sciences” mengungkapkan bahwa ekstrak akar lontar juga mampu mengendalikan kadar gula darah.

Berperan sebagai antibiotik
Antibiotik adalah senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa menganggu kesehatan anda. Di dalam nira lontar terdapat enzim yang dipercaya dapat berperan sebagai antibiotik bagi tubuh. Bahkan sudah dilakukan uji coba pembuatan minuman probiotik dari siwalan dengan menambahkan susu skim. Minuman probiotik merupakan minuman yang mengangandung microorganisme baik yang bisa melawan bakteri merugikan dalam tubuh kita.

Mengatasi stress
Kandungan vit C pada lontar juga berperan dalam mengatasi stres kita. Sebuah penelitian yang dilakukan di Montreal menunjukkan bahwa suplementasi vit C mampu menaikkan mood pasien ramat inap di rumah sakit. Vit C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas atau senyawa yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Baik untuk kesehatan ginjal
Fosfor yang terkandung pada buah lontar dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses urinasi atau proses buang air kecil.

Sumber energi
Salah satu sumber energi adalah gula. Bahkan otak kita hanya menerima energi dalam bentuk glukosa. Dalam lontar terkandung gula sukrosa dan glukosa yang bisa menjadi sumber energi otak kita.

Sebagai antioksidan
Antioksidan adalah zat atau senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat oksidasi dalam tubuh kita. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Kemudian vitamin B1 lontar juga dapat menjadi antioksidan dengan kemampuannya yang dapat menjaga sel dalam tubuh kita dari kerusakan atau penuaan.

Jadi itulah beberapa manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel kami bisa membantu Anda dalam memecahkan solusi bagi kesehatan Anda dan semoga lekas sembuh.





| Mengintip Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Tubuh

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

search
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!