Kenali Penyebab Sakit Perut Pada Bayi

Kenali Penyebab Sakit Perut Pada Bayi,- Salah satu kesulitan dalam perawatan bayi adalah mengetahui apakah bayi anda sehat atau tidak. Bayi tidak dapt memberi tahu kita apa yang mereka rasakan, jadi kita harus mengandalkan pada reaksi tubuh mereka. Untungnya, bayi selalu memberikan tanda-tanda bila tidak sehat. Tanda-tanda itu dapat sangat nyata atau kurang nyata. Demam atau dingin, muntah, dan biduran adalah beberapa di antara tanda yang nyata. Tanda yang kurang nyata antara lain menjadi pasif atau cengeng, tidak tertarik dengan apa yang terjadi di sekelilingnya, kurang selera makan, atau tidak buang air besar dalam beberapa hari.

Bayi yang mengalami sakit perut terkadang sangat susah untuk diketahui, tapi rewel yang berlebih adalah petunjuk yang jelas. Coba perhatikan ketika bayi anda tampaknya tidak nyaman sesaat setelah menyusui? Serta apakah ada gejala lain seperti demam, muntah atau diare? Gunakan informasi tersebut untuk mengetahui apa sebenarnya yang sakit. Ada baiknya juga para orang tua mengenal beberapa penyebab sakit perut pada bayi:


  • Sakit perut bayi karena kolik
Kolik adalah penjelasan klasik untuk sakit perut atau gejala bayi iritasi lainnya. Jika bayi anda berusia dibawah 5 bula dan menangis berlebihan dan tidak terkendali selama lebih dari 3 jam berturut-turut atau lebih dari seminggun untuk setidaknya tiga minggu dan tidak ada penjelasa medis yang bisa menyimpulkannya, kemungkinan bayi anda kolik.
  • Bayi sakit perut karena gastroesophageal reflux
Kebanyakan gumoh yang berlebihan atau bahkan muntah setelah menyusui. Jika bayi anda sering gumoh dan muntah setelah menyusui itu disebut gastroesophageal reflux atau mungkin hanya refluks. Kebanyakan bayi yang menderita sakit perut ini umumnya lebih dari 1 tahun.
  • Bayi sakit perut karena gastroenteritis atau disebut flu perut
Apakah bayi anda mengalami muntah atau bahkan diare? jka demikian mungkin bayi anda menderita sakit karena gastroenteritis atau juga dikenal sebagai flu perut. Ini adalah penyakit kedua yang paling umum di negera maju setelah infeksi saluran atas pada bayi.

Gastroenteritis bayi juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri yang berpotensi lebih serius, seperti Salmonella, Shigella, Staphylococcus, Campylobacter attau E. Coli dan juga disebabkan oleh parasit seperti giardia. Gejala bayi anda mungkin ringan atau berat dan dapat berlangsung selama beberapa jam atau hari tergantung dari penyebabnya.

Karena gastroenteritis bisa disebabkan karena virus, anda tidak dapat mengobatinya dengan antibiotik untuk bayi, jika menyebabkan bayi muntah atau bahkan diare bersama dengan demam dan kehilangan nafsu makan. Hal tersebut dapat dengan cepat menyebabkan dehidrasi. Sangat penting mendapatkan penangan dini untuk bayi yang terkena gastroenteritis supaya bayi anda tidak kekurangan cairan.
  • Bayi sakit perut karena alergi susu
Jika bayi terkena alergi susu, maka sistem kekebalan tubuh bayi anda merespons protein yang ditemukan dalam susu formula. Sakit perut pada bayi karena alergu susu paling sering erjadi pada bayi dan anak-anak.
Gejala sakit perut karena alergi susu meliputi muntah, diare dan gejala alergi susu. Dalam kasusu yang parah alergi susu, bayi bisa bisa mengalami rekasi yang mengancam jiwa yang disebut syok anafilaksis.
  • Bayi sakit perut karena sembelit dan perubahan dalam diet
Karena sebagian bayi mulai makan makanan padat ketika berumur antara 4-6 bulan, ini adalah waktu bayi untuk sakit perut yang disebabkan dengan makanan. Misalnya, bayi sakit perut karena baru saja konsumsi kacang polong yang dapat menyebabkan bayi anda masuk angin selama beberapa hari, tapi ini biasanya hanya penyesuaian sementara, nantinya bayi anda tidak masalah makankacang polong.

Masalah perut yang paling umum pada bayi yang baru mulai makan makanan padat adalah sembelit bayi. Bayi yang sembelit didefinisikan bayi Anda tidak membuang air besar selama dua sampai tiga hari dan kemudian membuang air besar dengan kondisi tinja keras kecil. Jika ini adalah masalah untuk bayi Anda dan harus segera di obati. Setelah beberapa minggu, sistem pencernaan akan menyesuaikan diri dengan perubahan dalam diet dan bayi Anda akan mulai memiliki gerakan usus yang teratur dan lebih baik lagi.

Jika bayi Anda baru makan makanan padat, Anda dapat membantu dengan memberinya makan makanan yang menghasilkan tinja yang lebih longgar (seperti aprikot, pir, plum dan kacang polong) menambahkan makanan bayi yang dapat menyebabkan buang air besar si kecil lebih lancar ( seperti pisang, apel dan saus apel, wortel  beras dan labu ). Pastikan bayi Anda untuk minum lebih banyak cairan juga dapat membantu mengatas bayi sakit perut karena sembelit.

Selain itu olahraga atau membiasakan bayi Anda dengan beberapa aktifitas ringan akan membantu menyambuhkan sakit perut bayi karena sembelit dengan lebih mudah
  • Sakit perut bayi karena penyumbatan usus
Tanda umum sakit perut bayi karena pentumbatan usus yaitu bayi menggeliat kesakitan, kakinya meronta dan menangis keras dan hal tersebut terulang kali. Gejala-gejala ini meningkat dalam intensitas dan frekuensi dan bayi Anda akan muntah.

Gejala-gejala ini mungkin menandakan intususepsi, penyumbatan usus yang paling sering terjadi pada bayi yang berusia 5 bulan sampai 2 tahun. Sakit perut karena penumbatan usus ini tidak sering terjadi, tetapi bisa mengancam kehidupan jadi Waspadalah.




| Kenali Penyebab Sakit Perut Pada Bayi



Terimakasih




Artikel lainnya

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

search
Produk Bergaransi dan Dapatkan Discount Menarik Dari Kami, Info Lengkapnya Klik Disini !!!